Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com

Senin, 11 Maret 2013

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia Dan Sekitarnya





Kita pasti tahu beberapa jenis tumbuhan di dunia ini memiliki manfaat dan khasiat tersendiri, terutama tumbuhan yang berwarna hijau. Tumbuhan hijau mampu membuat makanan sendiri, dengan mineral dari dalam tanah, karbondioksida dari udara dan bantuan cahaya. Proses ini dinamakan fotosintesis. Sebenarnya tumbuhan yang tidak berwarna hijau juga mampu membuat makanan sendiri melalui zat warna daun dengan nama dan warna yang berbeda. Hasil fotosintesis tidak hanya berguna bagi tanaman, tetapi bermanfaat pula bagi manusia dan hewan. Tumbuhan tidak hanya menghasilkan glukosa sebagai sumber energinya, tetapi juga mengeluarkan oksigen sebagai hasil fotosintesisnya. Oksigen inilah yang sangat di butuhkan baik oleh manusia, hewan dan tumbuhan sendiri untuk proses respirasi.
Tumbuhan hijau berperan sebagai paru-paru dunia. Tanaman yang kaya dengan klorofil akan menghasilkan gas oksigen yang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia.Terutama bagi respirasi (menghasilkan energi) dan pernapasan manusia. Tumbuhan hijau yang menjadi produsen oksigen merupakan faktor utama pencipta lingkungan hidup atau ekologis yang berpengaruh bagi keberadaan makhluk hidup lain, dan merupakan penyeimbang alam. Adanya tumbuhan hijau, menjadikan habitat baru bagi makhluk hidup untuk tinggal di sekitarnyadan tempat berlindung bagi kondisi alam yang kurang baik, dan bisa dijadikan obat-obatan alami tanpa efek samping.
Di daerah pegunungan, tumbuhan hijau dapat melindungi dari ancaman longsor. Selain itu juga tumbuhan hijau merupakan sumber estetika atau keindahan, tumbuhan hijau juga mampu menjadi lingkungan sarana rekreasi dan pendidikan. Serta banyak manfaat lain yang bisa kita tuai jika kita memelihara tumbuhan-tumbuhan di dunia ini.
Maka dari itu jaga dan lindungilah bumi kita dari hal-hal kecil seperti membiarkan tumbuhan tumbuh dengan layak, agar terhindar dari lingkungan yang berbahaya dan tidak sehat. Tidak hanya tumbuhan saja, tetapi kita harus menjaga hewan juga agar ekosistem di dunia tetap seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar