Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com

Senin, 11 Maret 2013

Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi

Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi

Makan merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk melangsungkan hidupnya. Melalui makanan, manusia mendapatkan kenikmatan berupa rasa kenyang. Namun, makanan bukan hanya sekedar penghilang lapar. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan apa yang Anda makan sebagai pola hidup sehat.

Menjadi pemakan makanan sehat bukan berarti harus tahu rumus menghitung gizi. Tidak perlu mengetahui rumus untuk menghitung kalori. Menjadi pemakan makanan sehat berarti memakan makanan sesuai dengan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Ada kalanya makanan sehat untuk tidak sehat dimakan untuk orang tertentu. Hal ini berkaitan dengan orang yang menderita penyakit tertentu yang mempunyai pantangan memakan makanan tertentu yang kalau dilanggar bisa memperlambat bahkan menghambat penyembuhan penyakit tersebut. Jadi, makanan sehat untuk orang tertentu belum tentu baik juga untuk orang lain.

jenis makana sehat, manfaat gizi dan kesehatan
Memakan makanan sehat harus memperhatikan banyaknya kandungan gizi yang dibutuhkan. Misalnya pekerja keras membutuhkan banyak karbohidrat sebagai penghasil energi. Energi tambahan juga bisa didapat dengan meminum teh manis tentunya dengan pemanis alami. Makan sebelum bekerja adalah hal yang jangan dilewatkan. Agar produktivitas terjaga, memperbanyak pasokan energi adalah hal yang penting. Jangan sampai produktivitas kerja menurun gara-gara kurang energi. Oleh karena itu, biasakan makan pagi sebelum bekerja.

Memakan makanan sehat bukan berarti harus keluar biaya mahal. Banyak makanan bergizi yang bisa didapat dengan harga yang murah. Misalnya saja tempe dengan kandungan proteinnya dan bayam dengan kandungan zat besinya. Makanan dengan harga yang mahal juga belum tentu sehat. Makanan enak juga belum tentu sehat. Rasa enak hanya sesaat ketika dirasakan di lidah saja, kalau sudah masuk di perut sudah tidak bisa merasakan enaknya daging ayam.

Makan merupakan nikmat yang luar biasa. Namun, akan menjadi efek yang buruk bagi tubuh bila yang dimakan malah justru menyebabkan penyakit apalagi menyebabkan tubuh keracunan. Makan secara berlebihan juga tidak bagus. Apalah artinya makanan enak kalau nantinya malah merusak tubuh. Rasa enak cuma sebentar, tapi kalau kandungan gizi efeknya lama. Memakan makanan sehat berarti pembelajaran untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Di Indonesia, makanan sehat lagi bergizi belum bisa dinikmati oleh semua penduduk. Banyak penduduk yang memakan makanan yang belum syarat akan nilai gizi. Faktor kemiskinan menjadi penyebab utama. Banyak yang bekerja untuk sekedar mencari makan. Demi mengganjal perut, banyak yang memakan makanan seadanya, tanpa perlu memikirkan kandungan gizi, yang penting perut bisa kenyang. Ada yang makan cuma singkong dan ada yang makan nasi aking. Meski singkong punya nilai karbohidrat, tapi itu belum cukup untuk tubuh karena tubuh juga memerlukan zat gizi lain seperti protein, vitamin, mineral dan lemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar